Pages

Subscribe:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Agustus 2012

Merawat Kulit Sensitif

Tidak hanya kepribadian manusia yang berbeda-beda jenis kulit manusia juga berbeda satu dengan yang lain. Sayangnya, banyak dari kita yang cenderung abai pada fakta ini. Sehingga banyak dari kita yang melakukan perawatan kulit tidak sebagaimana mestinya.

Banyak orang melakukan perawatan kulit dengan asumsi bahwa setiap kulit itu sama. Seharusnya untuk jenis yang berbeda, dibutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Apalagi jika kulit anda termasuk jenis kulit sensitif, yang membutuhkan perlakuan khusus dibandingkan jenis kulit lainnya

Secara bilogis, kulit sensitif adalah kulit yang memiliki lapisan luar sangat tipis. Hal ini menyebabkan daya respon syaraf yang ada pada kulit menjadi lebih tinggi daripada kulit pada umumnya. Kulit sensitif mudah bereaksi pada hal kecil, seperti perubahan suhu, bahan kimia, dan pengaruh eksternal lainnya.

Tidak hanya itu, kulit sensitif juga lebih mudah mengalami kerusakan akibat berbagai hal. Kulit yang memerah dan perih setelah memakai kosmetik tertentu, iritasi kulit dan gatal-gatal karena suhu dingin, semua itu adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan jika memiliki kulit sensitif. Anda bisa memperhatikan hal-hal lain dibawah ini untuk menjaga kesehatan kulit sensitif anda.


Hindari kekeringan pada kulit

Jaga selalu kulit anda dari kekeringan. Kulit sensitif rawan terhadap kekeringan, jika kering maka akan bertambah sensitif. Hindari kekeringan pada kulit dengan banyak minum air putih, minimal delapan gelas per hari.

Anda bisa pula memperbanyak konsumsi buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung serat dan air untuk memperbaiki ketidakseimbangan kulit. Selain itu, jaga juga kelembabannya selalu dengan memakai pelembab ringan

Hindari makanan dan minuman tertentu

Jangan biasakan mengkonsumsi makan pedas seperti sambal ataupun makanan dengan cabai atau lada berlebih.

Alangkah baiknya pula jika anda menahan diri dari segala jenis minuman beralkohol, meskipun itu hanya bir. Jangankan bir, bagi anda penyuka kopi, sebaiknya anda mengurangi konsumsinya pula.
Hindari kontak langsung sinar matahari dengan kulit

Kulit sensitif dapat menjadi merah dan terbaar jika terkena sinar ultra violet. Sebisa mungkin jangan berada di luar ruangan ketika matahari sedang terik.

Pakailah pelindung apapun yang bisa anda kenakan untuk melindungi kulit anda, topi, payung, kaca mata, dan tentu saja selalu lindungi kulit anda dengan tabir surya.

Hindari produk-produk kosmetik tertentu

Untuk membersihkan pori dari kotoran jangan gunakan scrub berbulir. Pakai pembersih yang mengandung asam salicylic karena lebih aman untuk kulit sensitif.

Jangan memakai produk kosmetik apapun yang mengandung alcohol, entah itu pembersih ataupun penyegar. Kulit sensitif sangat rentan dengan pengaruh alkohol.

Jangan sembarangan mencoba produk baru. Hindari kosmetik dengan pewarna dan pengharum buatan. Sebisa mungkin pakailah produk yang berlabel untuk kulit sensitive. J

ika tidak memungkinkan pilihlah produk yang mengandung bahan menangkan seperti chamomile.(nr)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks ya, isi artikelnya keren.
bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
oya Gan klo ada kesempatan silakan mampir ke toko kaos kaki wanita berkualitas dan banyak pilihannya..
Trims :)

Unknown mengatakan...

iya ...
terima kasih ya...
dan untuk menjaga kulit agar tidak mudah kering harus pakai pelembap ya...dan kalau memakai pelmbap setiap hari apakah tidak akan menimbulkan efek samping..
dan kalau untuk memakai kaos kaki wanita itu membantu untuk menjaga kaki tetap cantik ya...

Posting Komentar