Pages

Subscribe:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 26 September 2012

Memilih Pergaulan Anak

Memilih pergaulan anak menjadi fase yang sangat krusial dalam membentuk kepribadian mereka. Sebagaimana yang kita ketahui, pergaulan yang mencakup lingkungan dan teman-teman adalah salah satu penyumbang terbesar dari kepribadian anak.
Jika berada di lingkungan yang baik dengan teman-teman yang baik, anak akan tumbuh menjadi sosok yang baik pula.

Lalu, bagaimana caranya memilih pergaulan anak sekaligus membiasakan anak memilih pergaulan yang baik untuk dirinya sendiri?

Awali dengan menciptakan suasana rumah yang nyaman
Rumah adalah tempat pertama anak akan bergaul, baik dengan orangtuanya, saudaranya, kakek-nenek, serta anggota keluarga yang lain. Karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk anak agar ia betah berada di rumah.

Selain itu, tanamkan nilai-nilai positif pergaulan dalam diri sang anak sebagai pondasi dasar kelak saat ia berbaur dengan masyarakat di luar rumah. Jika anak telah dibekali dengan dasar pergaulan yang baik, tentu akan lebih bagi kita dan baginya memilih mana pergaulan yang baik dan yang tidak.

Memilih sekolah
Selain rumah, sekolah menjadi tempat pergaulan utama ketika anak sudah menginjak usia siap sekolah.

Untuk itu, orang tua harus pintar dalam menyeleksi sekolah dengan lingkungan pergaulan yang baik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengamati kualitas sekolah serta cerita-cerita seputarnya.

Mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan yang baik
Dengan mengajak anak bersosialisasi ke rumah tetangga misalnya, secara otomatis anak akan menyerap bagaimana pergaulan yang dicontohkan orangtuanya.

Ia akan mengenali pergaulan baik sebagaimana dicontohkan orangtuanya. Dengan demikian, memilih pergaulan anak yang baik bisa diajarkan lebih dini.

Membiasakan anak selektif dalam menyerap masukan dari luar
Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati pergaulan dan teman-teman si anak; tanpa bermaksud melarang anak bergaul dengan orang tertentu. Bantulah anak memilih pergaulan yang baik dengan menasehatinya tentang norma dan nilai sosial.
Misalnya, sampaikan hal-hal yang baik dan tidak dari teman-teman atau lingkungan pergaulan sang anak. Ini akan membuat anak lebih cepat mempelajari cara memilih pergaulan.

0 komentar:

Posting Komentar