Pages

Subscribe:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 01 Oktober 2012

Cara Jaga Hubungan Baik Adik dan Kakak

Hubungan antar saudara sekandung memang merupakan hubungan yang sangat dekat. Namun tidak jarang hubungan ini justru menjadi akar konflik antara kakak dan adik. Agar hal ini tidak terjadi, orang tua harus mampu memperlakukan setiap anaknya dengan cara yang unik dan sesuai. Hal ini dilatarbelakangi dari beragamnya sifat dan pribadi setiap anak.
Adik memang boleh meniru kakak, namun bukan dalam arti yang sempit. Prestasi yang telah diperoleh oleh kakaknyalah yang harus ditiru, bukan terpaku pada bidang prestasi yang telah dicapai oleh sang kakak. Untuk itu berikut beberapa tips memperlakukan anak dengan tepat guna menjaga hubungan baik antara kakak dan adik.

•        Setiap anak itu berbeda dan memiliki ketertarikan yang tidak selalu sama. Pahami hal ini dan jangan memaksakan adik untuk melakukan hal yang serupa dengan kakaknya.

•        Terkadang membiarkan sang anak untuk bermain sendiri atau bermain dengan temannya masing-masing juga perlu. Terkadang dalam Menjaga Hubungan Baik Adik dan Kakak, mereka perlu berpisah agar bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki.

•        Saat sang anak melakukan hal yang baik, berikan hadiah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan mematok dengan pemberian yang sama. Hal ini sebenarnya juga sebagai wujud penghargaan kepada anak bahwa mereka ingin diakui sebagai pribadi yang unik.

•        Jadwalkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama tiap-tiap anak. Lakukan hal ini secara bergiliran. Terkadang anda juga perlu menghabiskan waktu berdua dengan sang kakak atau adik untuk lebih memahami mereka secara individu.
Dengan menerapkan hal ini, mereka akan merasa spesial namun terkadang anda juga perlu menyatukan mereka pada waktu yang spesial secara bersama-sama agar Menjaga Hubungan Baik Adik dan Kakak bisa berjalan dengan baik.

•        Jika sang adik selalu mengekor kakaknya sehingga menyebabkan kakaknya merasa kurang nyaman, coba tanyakan apa tujuan dari sang adik. Mungkin saja adik hanya ingin berlajar hal baru dari kakaknya.
Jika ini yang terjadi, beri penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami bahwa mencontoh tidak harus meniru semua yang dilakukan oleh kakak secara sama persis. Jelaskan bahwa sang adik juga memiliki kelebihan yang bisa dikembangkan.
Dengan demikian adik akan lebih memahami tentang arti kebijaksanaan dan jiwa besar. Dan bagi orang tua, mereka bisa tetap Menjaga Hubungan Baik Adik dan Kakak dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar